Jaminan Keberhasilan Imunisasi

Keberhasilan imunisasi tidak nampak begitu jelas di mata awam, terutama non-petugas medis, apalagi petugas medis yang telah menjalani masa ketika tempatnya mengabdi mendapat ‘limpahan’ korban penyakit infeksi yang kini telah dapat dicegah oleh hadirnya vaksin.

Imunisasi tidak menyembuhkan, tidak pula menjamin 100% bahwa kita tidak akan terpapar oleh bakteri atau virus yang terkandung dalam vaksin. Seperti namanya, imunisasi bertujuan untuk membangun kekebalan tubuh atas infeksi penyakit tertentu. Caranya dengan mengenalkan bakteri atau virus yang telah dilemahkan, dalam dosis tertentu, agar tubuh memproduksi antibodi dalam jumlah yang memadai untuk melawan apabila di kemudian hari bakteri atau virus sejenis datang ‘bertamu’.

Tidak ada jaminan 100%, tentu saja. Mana ada? Ini untuk vaksin apapun, dan kita berurusan dengan mahluk hidup, dengan segala keberagamannya, bagaimana bisa menjamin hasilnya 100%?

Apakah dengan memakai helm kita tidak akan terluka? Tidak, tapi helm akan membantu melindungi dan memperkecil risiko trauma pada kepala. Apakah ‘keberhasilan’ pemakaian helm terlihat jelas? Saya berani bilang tidak. Kenapa? Karena mereka selamat. Yang menjadi ‘berita’, yang laris diangkat sebagai topik di media cetak (dan elektronik), yang jadi ‘subject’ email yang ‘bagus’ untuk diteruskan ke teman-teman, umumnya berupa berita yang cenderung negatif.

Memang tidak ada jaminan. Tampaknya para orangtua memang harus lebih aktif mencari informasi tentang vaksin, apa, bagaimana, dan sampai seberapa tinggi orangtua dapat berharap dari vaksin.

Tentu saja kita mengeluarkan biaya untuk layanan kesehatan. Sama saja seperti kita berbelanja. Dan tempat kita berbelanja juga umumnya tidak menjamin produk yang dijual. Konsumen yang dituntut untuk teliti terhadap barang yang dibeli. Mengapa kita tidak memberlakukan hal yang sama dengan produk kesehatan?

Semua paparan ini terkait dengan pernyataan bahwa mengapa ”anak saya sudah pernah diimunisasi tapi masih sakit juga” dan ”anak saya tidak pernah diimunisasi  tapi sehat-sehat saja

3 Balasan ke Jaminan Keberhasilan Imunisasi

  1. bidan desa mengatakan:

    link sudah terpasang di bidandesa[dot]com

    oiya sekalian tukeran link dengan yang ini mas
    http://bidandesa.info

  2. bidan desa mengatakan:

    saya juga turun mengundang mas meidi untuk mengirimkan artikel ke blog bidandesa.com ( untuk share pengalaman )

    terimakasih
    jabat erat selalu
    salam dari magelang

    • imunisasihsu mengatakan:

      Thanks Bu bidan atas backlinknya ntar saya tambahkan juga link yang satunya…thanks uga atas tawaran buat ngirim artikelnya nanti saya tindak lanjuti..hehehe bu bidan juga klo mau nulis artikel silakan nanti akan saya fasilitasi..jadi kita saling share ajah…yerimakasih…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: