Pengaruh Pelatihan Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Ketrampilan Petugas Dalam Pengelolaan Vaksin Program Imunisasi

Rita Sari Dewi, S 540908026, 2009. Pengaruh Pelatihan Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Ketrampilan Petugas Dalam Pengelolaan Vaksin Program Imunisasi Di Unit Pelayanan Kesehatan Kabupaten Karanganyar. Tesis Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Kualitas pengelolaan vaksin di Kabupaten Karanganyar belum cukup baik, hal ini ditunjukkan oleh masih ditemukannya vaksin yang sudah kadaluwarsa (35%), 45% lemari es tidak berada pada suhu 2 – 80C. Hal ini disebabkan masih kurangnya pengetahuan, pemahaman, motivasi dan ketrampilan petugas dalam pengelolaan vaksin.

Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis perbedaan pengetahuan, sikap dan ketrampilan petugas yang belum mengikuti pelatihan dengan petugas yang sudah mengikuti pelatihan pengelolaan vaksin program imunisasi di Unit Pelayanan Kesehatan Kabupaten Karanganyar.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif non eksperimental yang bersifat komparatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh petugas vaksinasi yang berada di 21 puskesmas wilayah Kabupaten Karanganyar sejumlah 145 0rang. Sampel sejumlah 59 orang yang diambil dengan dengan teknik simpel random sampling. Variabel bebas (independent) terdiri dari: pengetahuan, sikap, ketrampilan dan variabel terikat (dependent) adalah pelatihan. Cara pengumpulan data dengan membagikan kuesioner dan observasi. Dan hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan Uji t sampel bebas (independent t – test).

Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan variabel pengetahuan, sikap dan ketrampilan antara petugas vaksinasi yang belum mengikuti pelatihan dengan petugas vaksinasi yang sudah mengikuti pelatihan. Hal ini terbukti bahwa dengan nilai t hitung = 8,180 > t tabel = 1,672 atau nilai p = 0,000 < α = 0,05 pada variabel pengetahuan dan nilai t hitung = 3,432 > t tabel = 1,672 atau nilai p = 0,000 < α = 0,05 pada variabel sikap, serta t hitung = 6,086 > t tabel = 1,672 atau nilai p = 0,000 < α = 0,05 pada variabel ketrampilan.

Dapat disimpulkan bahwa pelatihan mempunyai pengaruh terhadap peningkatan pengetahuan, perubahan sikap dan peningkatan ketrampilan. Saran dalam penelitian ini adalah program pelatihan hendaknya dilakukan secara rutin atau berkala dengan menyusun materi, tempat pelatihan dan metode pelatihan yang relevan didukung dengan sarana-prasarana yang memadai dan pelatih yang kompeten.

Kata Kunci : Pelatihan, Pengelolaan Vaksin Kepustakaan : 38 (1999 – 2009)

Sumber (http://pasca.uns.ac.id/?p=415)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: